Jumat, 12 April 2013

pengaruh televisi bagi remaja (zatin_SMAN 95 jakarta )


II.I Pengertian
Masyarakat modern tentu sangat membutuh kan adanya informasi , informasi dapat di dapat kan melalui salah satu media elektronik yaitu televisi , Karena masyarakat modern sangat membutuh kan ada nya penyampaian segala informasi yang mereka butuh kan  yang mereka dapat kan secara tepat dan cepat .
Salah satu yang di butuh kan dalam sebuah informasi adalah adanya tata cara penyampaian agar dapat mendidik dan mengajarkan sesuatu yang bermanfaat khusus nya informasi yang di butuh kan saat ini .
Televisi memang mampu menayangkan acara-acara yang begitu menarik karena telah ditambahi dengan aksesori-aksesori sehingga membuat pemirsanya begitu mengagumi televisi .
 menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia televisi adalah Sistm penyiaran gambar yang disertai dengan bunyi ( suara ) melalui kabel atau melalui angkasa dengan menggunakan alat yang merubah cahaya ( gambar ) dan bunyi ( suara ) menjaadi gelombang listrik dan mengubah nya kembali menjadi berkas cahaya yang dapat dilihat dan bunyi yang dapat di dengar .
saat ini pun penggunaan televisi telah marak di Indonesia khusus nya masyarakat modern, karena manfaat nya yang sangat banyak dan meskipun tentu saja sebuah media elektronik memiliki dampak negatif .
dan tidak salah semakin banyak remaja yang sangat bergantung terhadap media elektronik ini .


II.II Dampak Positif media televisi
 Dengan adanya media massa elektronik ini, banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Dengan menyaksikan televisi, seseorang dapat memperoleh informasi-informasi aktual yang terjadi dimanapun secara tepat , cepat dan lebih jelas. Penggunaan media elektronik ini juga di gunakan oleh para remaja untuk mencari informasi , misal nya seputar perkembangan pendidikan , peghilang kepenatan dan lain sebagai nya .
Oleh karena itu televisi sangat dibutuh kan salah satunya oleh para remaja .
Selain manfaat diatas juga terdapat manfaat – manfaat positif lain nya bagi remaja  yaitu antara lain :
1.    Memiliki fungsi edukasi
Saat ini televisi dapat dimanfaat kan sebagai tempat belajar dan pengajaran yang dilakukan oleh beberapa stasiun teevisi . misalnya program acara yang di tampil kan oleh salah satu stasiun tv di Indonesia yaitu TVRI , saat ini stasiun tv itu tetap mempertahan kan stasiun televisi nya sebagai salah satu stasiun televisi yang menyajikan acara – acara mengenai pembelajaran di sekolah . dari sinilah para remaja memperoleh pengetahuan selain di sekolah .

2.    Sebagai sarana hiburan
Dengan adanya media elektronik televisi , para remaja yang memiliki tingkat kejenuhan terhadap hal – hal d sekitar nya , mampu  memberikan hiburan tersendiri bagi para remeja yang notaben nya adalah seorang pelajar . missal nya seperti acara komedi yang mampu emvuat seorang remaja mengkilangkan kejenuhan pada diri nya .

3.    Sebagai sarana mencari informasi
Bagi sebagan remaja yang memiliki hobby di luar tentu saja televisi memiliki peran penting bagi hobby nya tersebut , misalnya ada nya acara seperti jalan – jalan ke Negara lain , hal itu membuat para remaja terpacu untuk berkeinginan pergi ke Negara lain sesuai keinginan nya , dan itu menjadi awal nya untuk terus mencari tempat – tempat yang dapat dikunjungi dan bermanfaat .

4.    Sebagai sarana untk Menambah wawasan tentang dunia luar
Hal ini sanagat lah penting bagi remaja , kerena dengan begitu remaja mampu mengetahui tentang lingkungan luar maupun sekitar ya dan dengan begitu para remaja mampu bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungan sekitar nya . missal nya program acara berita seputar idonesia maupu seputar dunia luar .



II.III Dampak Negatif Media Televisi
Selain memberikan dampak positif terhadap perkembangan remaja , televisi juga dapat memberikan dampak negative terhadap perkembangan remaja .
Dampak negative tersebut antara lain :
1.    Para remaja dapat berprilaku konsumtif
Hal ini dikarenakan banyak nya iklan dan penawaran suatu produk yang di tawarkan di televisi . missal nya adanya iklan yang membuat para remaja ingin membeli barang tersebut , dan semakin lama hal tersebut malah menjadi kebiasaan yang buruk
2.    Mucul nya kosa kata baru yang tidak sesuai dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik .
Dengan ada nya acara tv maupun iklan , seringkali malah membuar remaja mengikuti apa yang diucapkan para pemeran acara maupun iklan terseut , akhir nya remaja malah menggunakan kosa kata yang tidak sesuai Bahasa Indonesia dalam kehidupan nya sehari – hari .

3.    Merusak hubungan dengan anggota keluarga lain nya
Karena seorang remaja sering menonton televisi maka remaja itu tidak dapat berinteraksi dengan anggota keluarga lain nya , akibat nya hubungan seorang remaja itu dengan keluarga malah menjadi renggang ,

4.    Terdapat nya unsur budaya barat yang tidak sesuai dengan norma dan nilai dalam masyarakat
Hal ini terjadi akibat adanya adegan maupun ucapan para pemeran acara tv yang tidak sesuai dengan norma maupun nilai yag ada di masyarakat . misalna ada nya adegan yang tidak seharus nya dilihat oleh remaja .

5.    Merusak kesehatan
Apabila menonton tv terlalu lama maka dapat menyebab kan rasa sakit pada mata , selain itu juga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan , karena remaja lebih cenderung hanya diam di depan tv dan tidak melakukan aktivitas lain .

6.    Remaja menjadi malas belajar dan menjadi tidak kreatif .
Hal tersebut dapat terjadi karena kebanyakan remaja yang sering menonton tv melupakan pelajaran di sekolah dan juga menghambat kreatifitas nya , karena ia terlalu lama menonton tv dan tidak melakukan aktivitas utama nya yaitu belajar .


II. IV Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif  dari media televisi
Dari adanya dampak negatif dari media televisi , maka dapat dilakukan beberapa upaya untuk mengurangi pengaruh negatif tersebut , antara lain :

1.    Menambah aktivitas di luar rumah
Harus nya seorang remaja menambah aktivitas nya di luar rumah , missal nya dengan mengikuti festival atau acara lain nya yang positif dan tentu saja dapat memberi manfaat , missal nya les music dll .

2.    Dapat mengatur waktu
Yaitu dapat dengan menyusunjadwal kegiatan , kapan harus belajar , main , menonton tv dan lain sebagai nya , dengan begitu remaja tidak akan mengetahui dan melakukan aktivitas sesuai jadwal nya .

3.    Meminta bimbingan dan pengawasan orang tua
Hal ini bertujuan agar orang tua memperhatikan perkembangan anak nya agar tetap ber prilaku sesuai norma dan nilai dalam masyarakat .

4.    Dapat memilih program yang sesuai umur
Arti nya seorang remaja harus mampu membedakan tayangan yang seharus nya sesuai umur nya , dengan begitu unsure budaya asing dapat ia tolak dan tetap sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat .














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar